Kamis, 03 April 2014

Honda Supra Series Teririt di Kelasnya

Khamis,3 April 2014,by awiejayamedia,

Honda Supra Series teririt di Kelasnya

Honda Supra series – kurang banter tapi laris 88 Comments Huft Huft sorry baru posting, kemaren-kemaren sibuk di dunia nyata hehehe. Honda Bebek bisa dibilang motor semilyar umat, mulai dari keluarnya di Jepang tahun 1958, motor ini terus berevolusi dan berkembang kemana mana. Di Inggris, laku, di Thailand, laku, di Indo, wah super laku, di Jepang dewe, kemaren kan Honda tambah ngelurin Honda Supercub 110 hehehe. Salah satu evolusi Honda C50 dan C70 di Indonesia adalah Honda Supra Series dan Revo series yang sangat terkenal, bahkan Supra lebih familiar diucapkan karena jumlahnya banyak dan sudah lama di Indonesia, kalau diitung2 tahun ini pas 15 tahun nama Honda Supra membuat Honda bertahan menjadi raja motor bebek di Indonesia (walaupun gitu batangan Honda kayak CBR, NSR, CB Series, Mega-Pro, GL Series juga ga kalah ngetop lho) hehehe :

D. Honda Supra saking laku dan populernya dapet tempat spesial dari Honda, buktinya Supra X 125 kan yang pertama kali di PGM-FI kan di Indonesia, bukan Honda MegaPro atau Tiger yang menurut saya lebih potensial hehehe. Mungkin Supra X di PGM-FI kan duluan dengan harapan bisa mengenalkan teknologi Injeksi pada masyarakat Indonesia, tapi sayangnya Supra X 125 Injeksi yang lama kurang laku dan yang malah laku Yamaha Vixion yang juga Injeksi RedBike FBH ya? ooo tidak bisa, tapi terserah menurut pembaca sih hahaha Nama Supra aslinya bukan cuma punyanya AHM doank, ada Toyota Supra, ada sepatu supra, tapi yang paling terkenal ya Honda Supra? coba aja tanya orang polos (kayak yang punya blog :mrgreen:) tau supra ga? jawaban mereka pasti “Oohh yang sepeda motor itu ya?” jarang ada yang jawab “Ooh sepatu yang sering dibuat nge-dance itu ya” atau “Ooh mobil sport 2 pintu (bukan pickup lho ya) dari Toyota itu ya?” hehehe.

Ya jelas lah, sebagai penerus Honda Astrea Grand dan harganya lumayan terjangkau motor ini memang laris luar biasa pada masanya (sampai masa kini hehehe). Sumber dari dealer Honda bilang, cub terlaris ya Honda Supra X 125 Supra ala Justin Beiber Supra-nya orang Jepang Soal Honda Supra, motor ini memang sesuatu banget, dari jaman orde baru (1997) sampe jaman Reformasi ini (2012) motor ini terkenal kurang bisa diajak ngebut (dibanding saingannya satu kelas mesin), harganya dianggap overprice, modelnya bebek banget (ya memang ini motor bebek atau cub, masa modelnya kayak Fukuda :roll: ). Yang naik cuma kapasitas mesinnya dari 100 cc (Astrea Supra, Astrea Supra X, Supra V, Supra XX, Supra Fit, Supra Fit New, Fit X ==>katanya mesinnya warisan Honda Grand) jadi 125cc (Supra X lama, Supra X lampu alien, Supra X Helm In==>katanya mesinnya warisan Honda Kharisma) dan ukuran bagasinya yang tambah besar (Supra 100 cc bagasinya cukup buat jas ujan doank, Supra Helm In bisa makan helm). Udah gitu motor ini laris luar biasa, bahkan Yamaha ngeluarin Jupiter Series belum bisa ngalahin Supra penjualannya. Kenapa ya Honda Supra yang biasa biasa aja, bisa laris manis kayak cakue Peneleh @pasar atom, Surabaya (mahal tapi laris kan). Terutama dipakai ama anak SMA ama yang masih kuliahan :mrgreen:

1. Supra Laris karena katanya ga isa lari Honda Supra X 100, Supra Fit, dan New Supra Fit katanya top speednya cuma 90kph (versi spedometer lho), dan bahkan temen saya bilang top speed Supra Fitnya cuma 80kph. Nah larinya kayak gitu kok isa laris? pertama buat anak SMA dan kuliahan yang belum bisa cari duit sendiri, sepeda motor masih dibeliin ama mama papa dengan 2

2.metode : pertama cash kedua nyicil hehehe. Karena yang beli orang tua kita, maka tujuan beli motor itu biar anaknya lebih cepat sampe sekolah (atau kampus) dengan nyaman, aman, dan selamat.

Nah kalau motornya kenceng2 kan jadi ga aman dan bisa bisa anaknya ga selamat, bukannya kalau motor kenceng kayak Ninja, Vixion, CBR, dll, kan bisa bawanya pelan2. Rek, ga munafik yo, tapi bukane sebagai ABG (cowok atau cewek sama aja) kan kalau lihat throtle gas maunya diputer poll, ga peduli jalan rame atau sepi, maune gas poll terus, ga urus didepan ada lobang, becak, polisi tidur, bemo (angkot atau mikrolet tergantung tulisane). Mungkin sang anak sudah dipeseni “Nak nek sepedaan (sepeda motoran) jangan banter2 ya” tapi biar lebih amannya dikasih aja sekalian motor yang powernya terbatas (walaupun kalau Supra 125 di gas poll ya banter juga). Kenapa kok aku isa kasih alasan kayak gitu nah ini ceritanya : Dulu saya pernah disenggol Toyota Avanza, sampe ndlosor, ya salah saya juga sih mbalap kok dari kiri? Jupiter Z tahun 2004 sukses ndlosor dan batok headlamnya baret. Malamnya mama bilang “besok kamu bawa Supra Fitnya mama aja, enak pelan2, aman. Fit di dalam Fit diluar (?!?!?!?!) 2. BeRes Honda buanyak Memang ga semua BeRes itu Beres. Tapi dengan banyaknya beres berati kalau motor sewaktu-waktu ada masalah gampang kan diperbaiki dan yang pasti sparepartsnya banyak baik itu di Bengkel resmi atau bengkel umum langganan. Jadi ga perlu jauh-jauh ke bengkel resmi yang kadang2 ga sebanyak AHASS, cukup jalan berapa ratus meter ketemu beres hehe. Kalau ga beres pindah ke BeRes lain aja gampang kan.

3. Setir yang enteng Riding potition Honda, menurut ane lebih enak daripada Yamaha (ini subyektip lho ya teman), selain itu setirnya enteng, jadi ga berat buat menyelinap diantara gedung gedung dan atap atap bangunan mengintai musuh di antara mobil2 pas macet. Jadi walaupun bodynya semok, asal setirnya gampang diputer ama tarikan rpm rendahnya enak ya ga masalah pas macet, paling2 kalau kelewat semok dan jalan kelewat sempit ya nyangkut di pantat mobil depan hehehehe (kalau soal ini sih ane sering kesangkut, kalau dipaksain jalan ya spion ketabok spion mobil lain = ngajak-gelut.com). Jadi kalau menurut pendapat ane motor ini enak dipake harian (tapi enak menurut saya kan belum tentu enak menurut kamu) 4. Katanya enak dipake siapa aja buat apa aja kemana aja???  Kelebihan motor bebek adalah enak dipake siapa aja, kemana saja dan lewat jalan apapun (berlubang, mulus, becek, jalan kampung, jalan paving, jalan aspal, jalan langit, jalan bawah tanah, jalan bawah laut, jalan sesat, jalan buntu). Enaknya Supra (yang selama ini saya pake) adalah bisa dipake sapa aja, papa, mama, opa, oma, kakak, adik, kakak ipar, kura2 peliharaan, anjing peliharaan, tikus dapur dan kemana aja enak, mau dibawa ke pasar, enak, dibawa kerja enak, dibawa touring…boleh (apalagi Supra Helm In tangkinya besar). Belum lagi ruang kosong di depannya multi fungsi, ditambahi centelan bisa bawa belanjaan, ditambahi jepitan bisa bawa buku gambar, Dan salah satu inovasi Honda Helm In dan Honda Spacy adalah bagasi yang besar, bisa buat nyimpen helm biar aman (pernah kan kecolongan helm), kalau ga ada helmnya kan bisa buat nyimpen buku2, komik2, tempat pensil, kotak makan, botol minum, shuriken, sikat gigi, sikat kawat, sikat wc dan lain2 asal muat dan jok bisa nutup hahaha. 5. Gosipnya,

Harga jual kembali Tinggi Ini sih mitos, 10 tahun yang lalu memang harga jual Honda Supra seken masih tinggi2nya (beda dikit ama harga barunya), tapi jaman sekarang rasanya Harga Jual Honda agak jatuh (ini perasaan aja paleng yo). Soale gini, Konon katanya kualitas mesin Honda yang lama jauh lebih baik dari Honda yang baru, katanya lhoo ya, ane kan bukan ahli mesin. Tapi ga semua orang memperhatikan harga jual bekasnya. Soalnya ada tipe orang yang motor itu belinya baru dan dipake sampai 5 tahun, 10 tahun, bahkan mamanya mantan Ane pake motornya sampai 31 tahun (1981-2012) dan bakal dipake terus sampe dia bisa beli baru lagi atau motor itu bener2 rusak ga isa dibetulin lagi. 6. Kenangan kehebatan mesin C-Series Honda Astrea Supra sampe Honda Fit X pake mesin C-Series-nya Honda, yup mesin setipe yang dipake sama Honda C50-C70 (disebut Honda pitung, Honda wulung, dll), yang awet, ga gampang rusak, gampang diperbaiki (sparepart kw-nya banyak :mrgreen: ) irit dan suara nya relatif halus dengan kenalpot standar(orang jaman dulu banget katanya suka kendaraan yang suaranya halus). Masalahnya Honda Revo Absolute sama Honda Supra Helm In masih dianggap pake mesin C- Series, padhal udah ga lagi sob. “Pokoknya kan bebek Helm In saya atau Revo saya kan mesinnya enak, tambah panas larinya tambah jozz, dan irit” ya ga ada seng salah seh. 7. Modelnya universal Jupiter MX, Satira FU, TVS Tormax, ambek Honda CS 1 memang modelnya lebih kerenan dari Honda Supra series yang modelnya masih bebek banget. Tapi ini kan motor bebek bro, masa modelnya kayak Fukuda ( emepek empek campur sayur lodeh, cape dehh :roll: ). Makanya bener kita para ABG (Anak Baru Gede) atau ABD (Anak Baru Dewasa) kalau naik Jupiter MX atau Satria FU lebih keren 1 lv. Tapi katanya Jupiter MX atau Satria FU kurang nyaman dipake ABG (Anak Baru Gocap), ini katanya lhoo ya (saya sih enak2 aja pake MX-nya temen hehehe). Kata para ABG (Anak baru Gocap – Gocap = 50) kalau beli Supra dia bisa pake, anak nya juga ga malu make juga hehehe. Ya 7 hal diatas itu yang menurut saya membuat Honda Supra walaupun terkenal ga isa banter2 amat (masalahnya ga semua orang butuh banter), udah pasaran, batok lampunya kadang getar, tangki bensinnya kecil (kecuali Supra X 125 Helm In), bodynya tapi tetap laris manis kayak kacang goreng dengan segala kelebihannya hehehe. Worth it ga beli Supra? ya ga isa ngomong itu kan penilaian.sampeyan sendiri hehehe :D yang jelas apapun motornya, rawat aja dengan baik, dilapi, dicuci, diganti oli rutin, diperiksai apa apa yang mati (btw lampu kota Supra X ane yang kiri mati belum sempat nge-ganti lhoo hehehe)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar